Bagaimana Ekonomi Cina Mempengaruhi Nilai Tukar AUD & NZD

Denny Yamada, 2021-02-19 11:19:21

Bagaimana Ekonomi Cina Mempengaruhi Nilai Tukar AUD & NZD

Denny Yamada, 2021-02-19 11:19:21

Analisis AUD Dan NZD, Hubungan Perdagangan Ekonomi Cina Dengan Australia Dan Selandia Baru, Memahami Model Inti-Perimeter - Titik Berbicara:

  • Bagaimana memperdagangkan Dolar Australia dan Selandia Baru sehubungan dengan pertumbuhan Cina
  • Apa hubungan ekonomi dan perdagangan antara Cina, Australia dan Selandia Baru?
  • Bagaimana hubungan Cina, Australia & Selandia Baru sesuai dengan model Perimeter Inti

Dolar Australia (AUD) dan Dolar Selandia Baru (NZD) cenderung berkinerja baik ketika risk appetite global meningkat, dan ketika investor merasa nyaman dengan prospek pertumbuhan global. Namun, meski keduanya bisa dan memang naik ketika investor sedang bersemangat, masalah spesifik pertumbuhan Cina cenderung menjadi sangat penting. Dalam hal ini, Cina dapat dilihat sebagai inti yang diandalkan oleh ekonomi perimeter sebagai sumber utama vitalitas ekonomi mereka.

Cina Mengambil Banyak Dari Apa Yang Dijual Australia Dan Selandia Baru

Sangat mudah dilihat alasannya. Cina adalah tujuan ekspor nomor satu untuk barang-barang dari Australia dan Selandia Baru, tetapi itu bukan cerita keseluruhan tentang hubungan mereka terhadap prospek pertumbuhan Cina. Australia adalah pemasok utama bahan mentah seperti bijih besi, batu bara dan liquified natural gas (LNG) ke Cina. Semua ini terkait erat dengan ekspansi ekonomi struktural raksasa Asia.

Oleh karena itu, ketika prospek pertumbuhan Cina terlihat cerah, permintaan akan input utama meningkat, menyebabkan modal mengalir dari inti (Cina) ke perimeter (Australia). Dalam kondisi tersebut, Dolar Australia memiliki kecenderungan menguat terhadap sejumlah mata uang. Cina mengambil hampir sepertiga dari semua ekspor Australia, dengan demikian menempatkan ekonomi Australia sebagian besar bergantung pada permintaan dari Cina.

Hubungan Perdagangan Cina-Australia (2018)

Tapi Australia tidak sendiri. Selandia Baru memasok Cina dengan sejumlah besar produk susu dan daging, terutama daging domba dan sapi. Tingginya permintaan untuk produk-produk yang relatif mahal ini dianggap sebagai indikasi pertumbuhan kelas menengah Cina yang makmur. Perekonomian Cina yang berkembang pesat berarti pertumbuhan peringkat grup ini dan dengan demikian minat Cina secara keseluruhan akan produk susu dan daging, untuk menyenangkan para eksportir Selandia Baru.

Hubungan Perdagangan Cina-Selandia Baru (2018)

Hal ini membuat volume modal yang lebih tinggi mengalir keluar dari inti (Cina) dan menuju ke perimeter (Selandia Baru), mendorong NZD lebih tinggi.

Jika pertumbuhan ekonomi Cina terancam, baik itu dari krisis keuangan, perang perdagangan, atau pandemi seperti virus korona yang mulai terjadi pada tahun 2020, modal cenderung keluar dari ekonomi perimeter. Hal ini karena nilai penting ekspor yang terlalu besar dalam model pertumbuhan ekonomi negara-negara tersebut cenderung membuat mereka lebih sensitif terhadap naik turunnya siklus bisnis global.

Indeks AUD, NZD Menderita karena Prospek Pertumbuhan Cina Menurun

Secara umum, mereka lebih rentan terhadap guncangan eksternal daripada yang mengandalkan permintaan internal untuk menggerakkan pertumbuhan. Dalam keadaan ini, NZD dan AUD cenderung melemah bersamaan dengan aset berorientasi pertumbuhan lainnya karena permintaan ekspor inti (Cina) dari perimeter (Selandia Baru dan Australia) diantisipasi menurun.

Poin Utama Tentang Cara Trading Dolar Australia Dan Selandia Baru

  • Model Core-Perimeter menunjukkan bahwa ketika prospek pertumbuhan positif, modal biasanya mengalir dari ekonomi inti (Cina) ke perimeter (Selandia Baru dan Australia).
  • Namun, dalam kondisi ekonomi yang buruk, dinamika ini berbalik dan modal mengalir keluar dari perimeter yang sensitif terhadap siklus dan menekan aset yang berafiliasi dengan perekonomian tersebut (NZD dan AUD)
  • Australia dan Selandia Baru adalah ekonomi pengekspor bahan mentah yang luas, yang menjadikan penilaian pertumbuhan global investor sama pentingnya dengan arah mereka seperti data domestik mereka sendiri.