Bagaimana Mengontrol Keserakahan Saat Trading

Denny Yamada, 2021-01-07 18:22:26

Bagaimana Mengontrol Keserakahan Saat Trading

Denny Yamada, 2021-01-07 18:22:26

Keserakahan itu emosi alami manusia yang mempengaruhi individu dalam berbagai tingkatan. Buruknya, jika dilihat dalam konteks perdagangan, sifat tersebut terbukti lebih sering menjadi penghalang daripada membantu trader.

Keserakahan dengan mudah dapat memperburuk perdagangan yang baik bahkan memperburuk perdagangan yang buruk. Artikel ini memberi sejumlah tip untuk mengendalikan masalah psikologis ini dan bagaimana menghentikannya yang mengganggu kesuksesan perdagangan Anda.

Apa Itu Keserakahan Dan Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Kesuksesan Trader?

Keserakahan dapat digambarkan sebagai keinginan kuat untuk sesuatu dan sering kali terwujud sebagai keinginan kuat menjadi kaya. Dengan mudah ini dapat lepas kendali ketika pasar bergerak berlawanan arah tetapi sama-sama cenderung memengaruhi keputusan perdagangan secara negatif untuk memenangkan perdagangan.

Contoh keserakahan saat trading:

  • 'Menggandakan' perdagangan yang merugi
  • Menambah modal pada posisi menang
  • Leveraging berlebihan

Keserakahan dapat mengubah kondisi mental Anda, manfaatkan fokus Anda untuk memaksimalkan utilitas/kebahagiaan/kekayaan. Keinginan untuk hal-hal ini sering kali menyebabkan trader mengeksekusi perdagangan yang tidak pernah terpikirkan oleh mereka.

Selain itu, keserakahan menjadi ancaman terhadap akun perdagangan. Menggandakan, menambahkan terlalu banyak modal saat posisi menang, dan leverage yang berlebihan dapat dengan cepat menghasilkan margin call atau dapat menguras ekuitas akun.

Contoh bagaimana keserakahan memengaruhi perdagangan

Bagan di bawah ini memberikan contoh pengaruh negatif keserakahan. Grafik tersebut menunjukkan skenario di mana seorang trader memasuki posisi buy pada EUR/USD (tanpa stop order) setelah candlestick hijau besar, berharap pasar menguat. Pasar melemah dan membawa trader pada posisi rugi. Hal buruk tersebut ternyata dapat membujuk trader untuk tidak hanya mempertahankan posisi yang ada tetapi untuk membuka posisi panjang baru ketika pasar menunjukkan tanda-tanda berbalik arah (panah biru kedua).

Gagasan untuk posisi buy pada titik yang relatif rendah ini dan mengubah perdagangan yang kalah menjadi menang dapat membuat para trader kewalahan. Lebih jauh lagi, keserakahan seperti itu dapat membutakan para trader sampai pada tingkat yang memungkinkan untuk trading berlawanan arah dengan tren bahkan tanpa menyadarinya.

Keserakahan sering kali disertai dengan emosi lain, seperti ketakutan. Rasa takut muncul berkali-kali dalam perjalanan seorang trader, itulah sebabnya penting untuk mempelajari cara mengelola rasa takut sejak awal.

Bagaimana Mengontrol Keserakahan Saat Trading

Kabar baiknya, keserakahan dapat dikendalikan dan diatasi sama seperti tingkat emosi. Dengan waktu dan disiplin yang diperlukan, adalah mungkin untuk melakukan perdagangan tanpa adanya sikap serakah yang menghalangi.

Keserakahan bisa dilihat sebagai lawan dari disiplin. Individu yang disiplin sangat jarang jatuh ke dalam perangkap tersebut karena mereka memiliki semacam rencana dan menaatinya. Rencana perdagangan dan jurnal perdagangan adalah cara yang bagus untuk menjaga trader di jalur yang benar dan tidak tergoda untuk memasuki perdagangan yang menyimpang dari rencana.

Trader juga harus mempertimbangkan untuk menetapkan stop loss yang ketat dan menargetkan sejumlah pip ke atas sebelum memasuki perdagangan. Ini disebut sebagai rasio risiko terhadap profit dan ditemukan sebagai satu-satunya sifat terpenting dari trader yang sukses.

Penting untuk diingat bahwa mengelola dan menangani keserakahan bukanlah sesuatu yang akan diselesaikan selama beberapa perdagangan berikutnya. Namun, trader yang menyadari bagaimana hal ini dapat mempengaruhi perdagangan secara negatif dan menerapkan poin-poin di atas sebagai bagian dari aturan perdagangan, akan mengambil langkah positif menuju tujuan perdagangan “bebas keserakahan”.