Fibonacci Retracements Untuk Trading Dengan Tren

Denny Yamada, 2021-06-28 17:37:56

Fibonacci Retracements Untuk Trading Dengan Tren

Denny Yamada, 2021-06-28 17:37:56

Pemilihan Waktu Tren, Memanfaatkan Pullback Harga Dengan Fibonacci Retracements

Pasar, khususnya forex, memang tidak dapat diprediksi. Tapi indikator teknikal dapat digunakan sebagai panduan terhadap aksi harga. Dan Fibonacci retracement sering digunakan dalam menganalis kelanjutan.

Artikel ini akan menyelidiki cara penggunaan tersebut, dengan fokus pada penurunan kembali harga untuk tujuan dimulainya kembali tren.

Cara Menerapkan Fibonacci Retracement

Seperti halnya indikator teknikal lainnya, penerapan Fibonacci yang benar sangat penting ketika menganalisa tren pasar. Meskipun instrumen ini dapat diterapkan pada kerangka waktu apapun, penerapan Fibonacci Retracements pada beberapa kerangka waktu, dapat membantu meningkatkan akurasi analisis, membentuk pandangan holistik pasar yang sedang dianalisis.

Langkah pertama untuk menerapkan Fibonacci Retracement adalah mengidentifikasi tren pasar saat ini, di mana grafik kerangka waktu yang lebih panjang mungkin berguna. Setelah trader mengidentifikasi pergerakan yang menonjol dari grafik jangka panjang (biasanya nilai tinggi dan rendah yang signifikan yang belum diperdagangkan), Fibonacci Retracement dapat ditarik dengan menghubungkan dua tempat menarik ini.

Dengan penggunaan contoh di bawah ini, grafik bulanan EUR/USD menyoroti Fibonacci Retracement yang diplot antara level terendah September 2000 dan tertinggi Maret 2008. Kedua level ini penting karena mewakili level tinggi dan rendah historikal yang belum ditembus.

Dari perspektif jangka panjang, level Fibonacci ini telah memberikan support dan resistance untuk pasangan mata uang utama, dengan aksi harga sering menemukan infleksi di zona ini yang telah diidentifikasi oleh Fibonacci retracement.

Grafik Bulanan EUR/USD

Menafsirkan Level Fibonacci Retracement

Setelah Fibonacci retracement telah diterapkan pada grafik jangka panjang, memberikan pandangan yang jelas tentang kondisi pasar secara keseluruhan serta level support dan resistance utama, Fibonacci retracement kemudian dapat diterapkan pada pergerakan yang menarik yang lebih baru menggunakan kerangka waktu yang lebih pendek, untuk membantu menentukan potensi sinyal masuk dan keluar.

Sekarang, dengan menggunakan grafik empat jam, Fibonacci retracement dapat ditarik dari pergerakan besar yang lebih baru. Dari perspektif jangka pendek, grafik menyoroti bagaimana level Fibonacci retracement 61,8% telah memberikan level support, dengan aksi harga memantul dari level ini sebelum melanjutkan pergerakan ke atas hingga retracement 50% mulai dimainkan. Demikian juga, aksi harga terhenti di level retracement 38,2% dan setelah level ini ditembus, tren naik memperoleh momentum, menghasilkan penembusan bullish, hingga mencapai level psikologis 1,2000.

Grafik 4 Jam EUR/USD

Bagi seorang trader yang telah memasuki satu posisi, level ini juga dapat digunakan untuk mengelola risiko perdagangan. Untuk trader yang menahan posisi long, stop ketat dapat ditempatkan di bawah level retracement sebelumnya, jika tren berbalik arah ke bawah. Demikian juga, seorang trader yang memegang posisi short dapat menempatkan stop ketat di atas level retracement Fibonacci yang lebih tinggi.