Jurnal Perdagangan: Apa itu, Bagaimana Cara Membuatnya

Denny Yamada, 2020-12-29 11:36:14

Jurnal Perdagangan: Apa itu, Bagaimana Cara Membuatnya

Denny Yamada, 2020-12-29 11:36:14

Apa Itu Jurnal Perdagangan?

Jurnal perdagangan adalah catatan yang dapat digunakan untuk merekam perdagangan Anda. Trader menggunakan jurnal perdagangan sebagai refleksi aktivitas sebelumnya sehingga dapat mengevaluasi diri mereka sendiri, dan Anda juga harus! Anda dapat menggunakan jurnal untuk mengevaluasi di mana Anda dapat meningkatkan perdagangan Anda. Ini merupakan bentuk pencatatan yang berguna.

Mengapa Jurnal Perdagangan Berguna

Alasan utama untuk membuat jurnal perdagangan meliputi:

  • Jurnal membantu Anda mengidentifikasi titik kelemahan dan titik kekuatan dalam gaya trading Anda.
  • Jurnal dapat meningkatkan konsistensi perdagangan.
  • Jurnal dapat membuat Anda tetap bertanggung jawab.
  • Jurnal dapat membantu Anda memilih strategi perdagangan terbaik Anda.

Membuat jurnal adalah cara sederhana yang efektif meningkatkan rencana perdagangan. Rencana perdagangan adalah rangkaian aturan dan pedoman yang akan Anda ikuti yang mencakup strategi, manajemen risiko, dan psikologi pedagang.

Cara Membuat Jurnal Perdagangan

Membuat jurnal perdagangan itu sederhana dan dapat disesuaikan dengan tujuan khusus dan gaya perdagangan Anda. Langkah-langkah berikut adalah panduan dasar, yang dijelaskan lebih mendalam di bawah ini:

  1. Pilih antara buku atau spreadsheet. Sangat direkomendasikan penggunaan spreadsheet.
  2. Identifikasi informasi apa yang ingin Anda catat. (Tanggal perdagangan, aset yang mendasari, ukuran posisi, dll.)
  3. Langsung catat perdagangan Anda setelah titik stop loss dan take profit berhasil ditempatkan.
  4. Setelah periode yang ditentukan (harian/bulanan/mingguan) kumpulkan data dan refleksikan perdagangan.

Langkah 1: Pilih buku atau spreadsheet

Penggunaan spreadsheet sangat direkomendasikan karena fungsi analitik bawaannya. Ini dapat membantu Anda merefleksikan perdagangan seperti yang dijelaskan di langkah 4.

Langkah 2: Identifikasi informasi untuk direkam

Format standar jurnal perdagangan akan mencakup kriteria utama ini:

Pasangan Mata Uang

Ukuran

Long/Short

Tanggal

Keyakinan

Strategi Yang Digunakan

Poin

Keterangan

Usd/Jpy

1 Lot

Long

16-Sep-20

Tinggi

Fundamental

100

Sukses

Eur/Gbp

1 Lot

Short

16-Sep-20

Rendah

Teknikal

110

Sukses

Eur/Usd

1 Lot

Short

16-Sep-20

Tinggi

Teknikal

50

Gagal

Format standar di atas adalah contoh jurnal perdagangan yang sederhana. Ini dapat membantu merefleksikan perdagangan Anda, tetapi dengan beberapa kriteria tambahan Anda dapat menyempurnakan jurnal sehingga memberikan informasi yang jauh lebih berguna.

Informasi yang berguna untuk dipertimbangkan untuk ditambahkan meliputi:

Alasan perdagangan: Alasannya bisa karena analisis teknikal atau fundamental atau kombinasi keduanya. Setelah Anda mengeksekusi beberapa perdagangan, Anda dapat merefleksikan informasi ini untuk mengetahui apakah alasan perdagangan Anda memberikan hasil yang nyata. Ini juga dapat membantu Anda menentukan strategi mana yang bekerja lebih baik untuk Anda - analisis teknikal atau fundamental.

Keyakinan: Keyakinan adalah bagaimana perasaan Anda tentang perdagangan. Jika Anda melakukan perdagangan berdasarkan pola teknis dan jika pola 'mengkonfirmasi' beberapa pedoman, maka keyakinan Anda dapat dicatat dengan status 'tinggi'. Namun, jika pola atau cerita fundamental tidak benar-benar bersih, maka keyakinannya mungkin 'sedang' atau 'rendah' ​​tergantung pada faktor-faktor yang mendasari perdagangan. Dengan menuliskan tingkat keyakinan tersebut, Anda dapat menghitung jumlah perdagangan sukses yang Anda miliki dengan setiap peringkat keyakinan. Ini dapat membantu Anda menentukan apakah Anda harus masuk posisi hanya ketika Anda sangat yakin atau tidak.

Lainnya: Anda dapat mencatat apa yang menurut Anda perlu dicatat dalam jurnal Anda. Beberapa trader menambahkan kriteria bagaimana perasaan mereka secara emosional saat melakukan trading. Apa pun yang Anda rasakan akan membantu Anda, tulislah.

Langkah 3: Rekam perdagangan langsung sesaat setelah melakukan perdagangan

Biasakan mencatat detail perdagangan langsung setelah perdagangan. Dengan cara ini Anda tidak perlu mengingat alasan Anda melakukan perdagangan. Pastikan untuk melakukan ini hanya setelah menempatkan stop-loss dan take-profit.

Langkah 4: Susun data dan renungkan perdagangan

Dalam jangka waktu tertentu, sebaiknya beberapa bulan hingga memiliki data yang cukup, Anda dapat menyusun data tersebut pada jurnal perdagangan Anda.

Jika Anda memiliki kriteria keyakinan di jurnal Anda, hitunglah jumlah perdagangan yang berhasil dilakukan saat keyakinan Anda tinggi, sedang, dan rendah. Ketika Anda memiliki data ini, Anda dapat membuat keputusan layak atau tidak untuk melakukan perdagangan hanya ketika keyakinan Anda tinggi atau tidak.

Misalnya, jika Anda mempertahankan keyakinan tinggi dalam 10 perdagangan dan delapan di antaranya adalah perdagangan yang berhasil (take profit tercapai), itu sebagai 80% kemungkinan keberhasilan pada historis perdagangan Anda. Jika keyakinan Anda rendah pada 10 perdagangan dan hanya dua perdagangan yang berhasil, itu berarti kemungkinan keberhasilan hanya 20%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa trading hanya dapat dilakukan jika keyakinan Anda tinggi.

Anda dapat melakukan ini dengan semua jenis kriteria yang berbeda sehingga Anda dapat merefleksikan perdagangan Anda dan meningkatkannya.

Format Jurnal Perdagangan

Berikut ini contoh format jurnal trading yang termasuk tipe strategi yang digunakan sebagai sebuah kriteria.

Pasangan Mata Uang

Ukuran

Long/Short

Tanggal

Keyakinan

Strategi digunakan

Rasio Profit dan risiko

Poin

Sukses atau Tidak

Usd/Jpy

1 Lot

Long

16-Sep-20

Tinggi

Fundamental

2

100

Sukses

Eur/Gbp

1 Lot

Short

17-Sep-20

Rendah

Teknikal

2

110

Sukses

Eur/Usd

1 Lot

Short

18-Sep-20

Tinggi

Teknikal

2

50

Gagal

Setelah membahas berbagai kriteria, Anda dapat memasukkan dalam jurnal Anda, tabel di atas menggambarkan bagaimana Anda dapat mengatur semua informasi ini dalam spreadsheet. Anda dapat membuat sendiri format jurnal perdagangan menggunakan microsoft excel atau dengan menuliskannya pada sebuah buku.

Jurnal Perdagangan: Ringkasan

Dengan memiliki jurnal perdagangan Anda diharuskan untuk menjadikannya salah satu langkah pertama yang akan diterapkan saat belajar trading. Jurnal sangat penting untuk menguji berbagai strategi dan menemukan rencana perdagangan mana yang cocok untuk trader individu.

Jurnal perdagangan merupakan esensi penting dalam menguji apakah strategi perdagangan saat ini berfungsi. Untuk ringkasnya:

  1. Jurnal perdagangan media untuk mencatat aktivitas perdagangan Anda.
  2. Mereka membantu trader menguji berbagai rencana dan strategi perdagangan.
  3. Jurnal perdagangan juga dapat membantu trader menunjukkan kekuatan dan kelemahan dalam gaya perdagangan.