Meksiko: Pasar Berkembang Yang Bersinergi Dengan AS

Denny Yamada, 2021-02-19 17:21:53

Meksiko: Pasar Berkembang Yang Bersinergi Dengan AS

Denny Yamada, 2021-02-19 17:21:53

Hubungan Perdagangan dan Ekonomi AS - Meksiko, Dolar AS, Peso Meksiko: Memahami Model Inti-Perimeter - Poin Pembahasan

  • Bagaimana cara memperdagangkan Peso Meksiko terhadap Dolar AS
  • Apa hubungan perdagangan AS - Meksiko dan mengapa itu penting bagi USD / MXN ?
  • Bagaimana hubungan antara AS dan Meksiko sesuai dengan model Core-Perimeter

Bagaimana Hubungan Amerika Serikat-Meksiko Mempengaruhi USD / MXN

Amerika Serikat dan Meksiko memiliki hubungan ekonomi yang erat yang ditopang oleh kedekatan geografis. Perjanjian perdagangan regional lintas batas seperti NAFTA - sekarang digantikan oleh USCMA - memperkuat keterkaitannya. Namun, disparitas perkembangan ekonomi antara inti (AS) dan perimeter (Meksiko) menciptakan hubungan asimetris.

Ekonomi AS adalah ekonomi terbesar di dunia dan sangat digerakkan oleh konsumen, sehingga tidak begitu rentan terhadap naik turunnya siklus bisnis global daripada ekonomi yang berorientasi ekspor seperti Meksiko. Lebih lanjut, lintasan pertumbuhan Meksiko sebagian besar didasarkan pada permintaan yang kuat dari Amerika. Memang, AS menyumbang sekitar 86% dari penjualan lintas batas Meksiko.

Perdagangan Meksiko Dengan Total Volume Perdagangan Dwarf AS Dengan Mitra Lainnya (2018)

Oleh karena itu, jika prospek ekonomi AS menjanjikan dan permintaan akan barang-barang Meksiko meningkat, kenaikan volume perdagangan yang diharapkan menyebabkan modal mengalir dari inti ke perimeter. Hal ini diperkuat oleh aliran dana dari investor yang mencari siklus aset dalam mata uang Peso Meksiko untuk menawarkan return yang sangat besar dengan latar belakang yang optimisme.

Dalam kondisi ini, nilai tukar USD / MXN biasanya melemah. Dinamika itu diperbesar oleh toleransi risiko yang lebih tinggi di antara para investor, yang mungkin tidak bersedia untuk memegang aset yang sensitif terhadap siklus dalam kondisi ekonomi yang tidak stabil.

Jika ada gangguan dalam pertumbuhan ekonomi, arus modal biasanya berbalik arah. Hasilnya adalah nilai tukar USD / MXM lebih kuat karena investor melepaskan aset berisiko di perimeter (Meksiko) untuk memarkirkan modal mereka pada aset yang relatif lebih aman di inti (AS). Di sini, likuiditas yang melimpah menumpulkan volatilitas di tengah gejolak pasar.

Bahkan jika katalis yang mengganggu pertumbuhan berasal dari Amerika Serikat, para pelaku pasar tampaknya lebih memilih obligasi Treasury AS dan Dolar daripada yang setara dengan Meksiko. Dengan kata lain: modal masih bergerak dari perimeter ke inti.

Poin Utama Tentang Bagaimana Trading USD / MXN:

  • Ketika prospek pertumbuhan positif dan risk appetite tinggi, modal sering mengalir keluar dari inti (AS) dan menuju negara perimeter (Meksiko)
  • Dinamika ini berbalik jika kegiatan ekonomi di kawasan inti terganggu, menempatkan lintasan pertumbuhan perimeter dalam bahaya
  • Peso sangat dipengaruhi oleh siklus bisnis AS karena beban ekonomi terbesar dunia dan kedekatan geografisnya dengan Meksiko