Saham Dividen: Pengertian & Bagaimana Cara Kerjanya?

Denny Yamada, 2021-01-13 20:49:39

Saham Dividen: Pengertian & Bagaimana Cara Kerjanya?

Denny Yamada, 2021-01-13 20:49:39

Saham dividen dapat memberi investor sumber pendapatan melebihi apresiasi harga saham. Banyak investor tertarik pada saham yang membayar dividen karena pembayaran dividen rutin sering dilihat sebagai tanda stabilitas keuangan dari perusahaan dan mungkin merupakan cara yang efektif untuk menumbuhkan portofolio investasi jangka panjang.

Artikel ini berusaha memberikan pengetahuan dasar kepada para trader tentang saham dividen dan bertindak sebagai batu loncatan untuk konten terkait saham lebih lanjut yang menjadi pembahasan.

Apa Itu Saham Dividen?

Saham dividen mengacu pada perusahaan yang melepaskan sebagian dari laba bersihnya kembali kepada pemegang saham dalam bentuk dividen tunai. Perusahaan yang menerbitkan dividen reguler dapat diminati oleh investor karena mereka memperoleh keuntungan dari apresiasi harga apa pun serta pendapatan dividen.

Selain itu, saham dividen dapat menarik banyak perhatian dari investor individu serta pengelola aset karena dividen reguler dapat menjadi tanda stabilitas finansial. Lagi pula, bagi perusahaan untuk mengembalikan sebagian dari keuntungannya kepada para pemegang sahamnya harus ada keuntungan terlebih dahulu; dan rekam jejak jangka panjang pembayaran dividen dapat menyoroti sejarah profitabilitas perusahaan.

Dividen cenderung dibayarkan empat kali setahun atau triwulanan tetapi juga dapat dibayarkan setiap tahun, setiap semester, bulanan atau kapan pun memungkinkan dalam hal dividen 'tidak teratur'.

Untuk menghitung hasil dividen, ambil dividen tahunan per saham dan bagi dengan harga per saham

Hasil dividen = Dividen tahunan per saham / harga per saham

Bagaimana Cara Kerja Dividen?

Perusahaan yang menguntungkan memiliki pilihan untuk menggunakan uang surplus (laba bersih) untuk diinvestasikan kembali dalam bisnis atau mendistribusikan uang ini kepada para pemegang saham sebagai dividen. Setelah mendapat persetujuan dari dewan direksi, perusahaan akan mengumumkan dividen yang akan datang dan memberikan tanggal yang relevan untuk dibagikan kepada para pemegang saham yang memenuhi syarat.

Contoh :

Perusahaan A meninjau laporan keuangan kuartalan yang diaudit dan dengan senang hati melaporkan bahwa mereka menjalani kuartal perdagangan yang sangat menguntungkan. Setelah mendapat persetujuan dari dewan, perusahaan mengumumkan pada 1 April bahwa pembayaran dividen akan dilakukan kepada pemegang saham yang memenuhi syarat pada 10 Mei. Publik juga akan diberikan tanggal pencatatan dan tanggal ex-div. Pada tanggal pembayaran, perusahaan akan membayar dividen dan para pemegang saham akan melihatnya di akun.

Saham Apa Yang Membayar Dividen?

Secara garis besar, ada dua jenis saham utama, saham pertumbuhan dan saham nilai. Saham pertumbuhan sering memilih untuk mempertahankan pendapatan dan menggunakannya untuk berinvestasi kembali dalam bisnis yang berkembang pesat, sementara saham nilai mengacu pada perusahaan yang lebih matang yang mungkin telah mencapai kurva pertumbuhan yang stabil.

Saham nilai mungkin lebih mungkin untuk membayar dividen karena meskipun kemungkinan posisi dominan di pasar, peluang pertumbuhan mereka dapat dibatasi pada saat itu dan penggunaan modal yang paling efisien adalah untuk mendistribusikannya kepada para pemegang saham daripada menginvestasikan kembali. Para pemegang saham kemudian dapat menggunakan kebijaksanaan mereka tentang bagaimana mereka ingin berinvestasi atau membelanjakan pembayaran dividen.

Sementara membayar dividen tampak seperti konsep yang logis, hal itu memang memiliki bagian risiko yang adil. Setelah perusahaan berkomitmen untuk membayar dividen, mungkin sangat sulit untuk kembali. Ketika perusahaan mengalami pendapatan yang lemah, mungkin saja perusahaan harus mengurangi atau membuang dividen. Hal ini dapat memberikan sinyal yang sangat negatif ke pasar dan berpotensi berdampak buruk pada harga sahamnya jika investor cukup khawatir untuk menjual.

Sektor saham yang tercantum di bawah ini dikenal mengandung banyak saham dividen:

  • Utilitas : Penyedia perusahaan listrik, air dan gas alam
  • Energi : Pemasok minyak dan gas alam
  • Telekomunikasi : Penyedia jaringan dan layanan nirkabel
  • Bahan pokok konsumen : Produk rumah tangga, obat-obatan, makanan / minuman, tembakau dan alkohol.
  • Real Estate : Real Estate Investment Trusts (REITs), komersial, residensial

Kapan Dividen Dibayarkan?

Dividen dibayarkan saat 'tanggal pembayaran' yang ditentukan oleh perusahaan yang menerbitkan dividen tetapi hanya kepada pemegang saham yang memenuhi syarat yang memiliki saham sebelum 'tanggal ex-dividen'. Prosesnya terungkap sebagai berikut:

1. Tanggal deklarasi: Ini adalah tanggal direksi menyampaikan niat mereka untuk membayar dividen. Selain itu, dewan akan mengumumkan tanggal pencatatan dan tanggal pembayaran.

2. Tanggal ex-dividen (ex-div): Ini adalah hari pertama saham diperdagangkan tanpa hak untuk menerima dividen. Siapa pun yang membeli saham pada hari ini dan seterusnya tidak akan menerima dividen baru-baru ini tetapi berhak atas dividen selanjutnya jika mereka memegang saham tersebut setidaknya sampai tanggal ex-div berikutnya.

3. Tanggal pencatatan: Tanggal pencatatan adalah tanggal di mana perusahaan mendokumentasikan dengan tepat siapa pemegang saham yang berhak atas dividen. Alasan tanggal pencatatan adalah satu hari kerja setelah tanggal ex div adalah karena penyelesaian saham membutuhkan waktu dua hari (T + 2) untuk terlihat dalam pembukuan perusahaan. Oleh karena itu, mereka yang memiliki saham sehari sebelum tanggal ex-div akan dicatat sebagai berhak atas dividen sehari setelah tanggal ex-div.

4. Tanggal pembayaran: Ini adalah tanggal uang akan dibayarkan kepada pemegang saham perusahaan dan biasanya beberapa minggu setelah tanggal pencatatan.

Bagaimana Berinvestasi Dalam Saham Dividen

Ada sejumlah faktor fundamental utama dan rasio pasar yang harus diperhatikan investor sebelum berinvestasi pada saham dividen. Dan informasi ini ada di seluruh artikel tentang topik bagaimana berinvestasi dalam saham dividen, menggunakan contoh kerja yang membedah faktor-faktor penting untuk dipertimbangkan seperti: hasil dividen, rasio P / E, rasio pembayaran, dan pertumbuhan dividen.

FAQ Saham Dividen

Apa yang menghentikan saya dari sekadar membeli saham sebelum tanggal ex-div untuk menerima dividen dan menjual sahamnya pada tanggal ex-div untuk mendapatkan keuntungan cepat?

Investor mempertimbangkan sejumlah metode saat meneliti bagaimana menilai saham. Salah satu metode ini adalah model diskon dividen yang memperkirakan dividen masa depan dan men-diskontokan-nya untuk sampai pada nilai hari ini. Oleh karena itu, ketika ada satu dividen yang lebih sedikit untuk diterima, pasar akan memberi harga, mengakibatkan penurunan harga saham pada tanggal ex-div kira-kira sama dengan jumlah dividen per saham.

Contoh: Perusahaan X diperdagangkan pada $10,20 sehari sebelum tanggal ex div dan mengeluarkan dividen $0,20 per saham. Pada tanggal ex-div (hari pertama perdagangan saham tanpa hak pemegang saham untuk menerima dividen) saham kemungkinan akan diperdagangkan sekitar $10,00 untuk memperhitungkan fakta bahwa pemegang saham tidak berhak atas pembayaran tambahan $0,20.