Strategi, Tip, dan Taktik Perdagangan Perak

Denny Yamada, 2021-03-30 14:26:25

Strategi, Tip, dan Taktik Perdagangan Perak

Denny Yamada, 2021-03-30 14:26:25

Perdagangan Perak

Seperti yang telah dibahas pada artikel 'apa itu perak', perak adalah logam mulia yang banyak digunakan untuk keperluan industri, tetapi juga merupakan salah satu komoditas paling populer yang dapat diperdagangkan. Meski emas dianggap memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi, kedua komoditas ini sangat berkorelasi dan sama-sama masuk dalam kategori aset safe-haven.

Selama periode volatilitas tinggi dan ketidakpastian ekonomi, investor kerap mencari perlindungan pada perak sebagai lindung nilai inflasi serta investasi jangka panjang, sehingga meningkatkan daya tariknya sebagai safe-haven. Sama seperti padanan Emasnya, ada hubungan terbalik antara perak dan Dolar AS, menjadikannya investasi yang menarik untuk tujuan diversifikasi portofolio.

Seperti halnya instrumen keuangan lainnya, penting untuk memahami faktor-faktor yang dapat memengaruhi harga perak dan pada gilirannya, daya tarik investasinya.

Tiga Faktor yang Memengaruhi Perak Sebagai Investasi:

  1. Penawaran Dan Permintaan

Meskipun semua aset merupakan fungsi dari penawaran dan permintaan, logam mulia sering kali diminati karena terbatasnya pasokan yang tersedia. Namun, permintaan perak sebagian besar dikaitkan dengan aplikasi industrinya. Karena perak adalah logam penghantar listrik dan panas yang paling konduktif, perak sering digunakan untuk peralatan medis, peralatan listrik dan barang industri lainnya.

Selama kemerosotan ekonomi, meskipun permintaan perak fisik sebagai barang industri mungkin menurun, permintaan akan perak sebagai investasi sering kali meningkat, yang mengakibatkan kenaikan harga. Sejauh menyangkut pasokan, sebagian besar perak industri dikonsumsi atau dihancurkan selama proses fabrikasi, sehingga membatasi pasokan yang dapat dikembalikan ke pasar setelah siklus industri selesai dan berpotensi menghambat pasokan logam di masa mendatang.

  • Ekonomi Global

Di masa ketidakpastian ekonomi dan ketidakstabilan politik, investor diketahui berinvestasi di emas, namun daya tarik safe-haven perak pasti mendapat perhatian banyak investor sebagai alternatif. Selama resesi global, penyesuaian terhadap kebijakan moneter dan fiskal sering kali menyebabkan investor mencari investasi alternatif yang dapat menghasilkan pengembalian yang lebih tinggi karena pemerintah sering kali menurunkan suku bunga untuk merangsang belanja konsumen, sekaligus meningkatkan ekspektasi inflasi. Sementara kenaikan inflasi mengakibatkan hilangnya daya beli dengan uang kertas dan depresiasi mata uang, investor dapat menggunakan perak sebagai lindung nilai inflasi terhadap kerugian tersebut. Selain itu, perak, seperti emas, sering kali menunjukkan hubungan terbalik dengan Dolar AS. Karena dolar melemah, permintaan perak kemungkinan akan tumbuh karena trader mendiversifikasi portofolionya untuk mengurangi risiko yang terkait dengan depresiasi dolar.

  • Harga Emas

Dalam artikel ini, hubungan antara emas dan perak telah disebutkan berkali-kali, dan diwakili oleh rasio emas-perak, ukuran yang digunakan untuk menentukan jumlah perak (dalam ons) yang dibutuhkan seseorang untuk membeli satu ons emas. Meskipun harga perak cenderung mengikuti harga emas, bukan berarti kedua komoditas tersebut akan bergerak pada laju yang sama, dan perbedaan ini kemungkinan besar akan meningkatkan atau menurunkan tingkat rasio. Namun, memahami rasio emas-perak mungkin bermanfaat bagi trader perak karena dapat memberikan sinyal potensial ketika pasar mencapai level ekstrem.

Dari perspektif historis, selama krisis keuangan, emas memiliki kecenderungan mengungguli perak yang berarti bahwa rasionya akan meningkat, dengan rasio tertinggi menembus 80 dan terendah ke sekitar 40. Pada level ekstrem ini, trader mungkin mencari konfirmasi tambahan bahwa sebuah koreksi akan terjadi untuk mengembalikan rasio ke level normal yang dirasakan sekitar 60.

Perak Sebagai Komoditas yang Dapat Diperdagangkan

Likuiditas yang cukup, tingginya volume perdagangan, spread yang ketat, dan jam perdagangan yang fleksibel adalah atribut menarik yang membuat perak menjadi komoditas populer bagi para trader. Ketika volatilitas pasar meningkat, ukuran pasar yang lebih kecil membuat perak lebih rentan terhadap perubahan harga yang besar yang sering kali lebih besar daripada emas. Bagi trader jangka pendek, seperti trader harian atau scalper, ini mungkin merupakan peluang untuk memanfaatkan perubahan harga besar yang mungkin terjadi.

Selain itu, perak menjadi semakin populer sebagai alat diversifikasi portofolio, dengan trader menggunakannya sebagai lindung nilai terhadap posisi dengan korelasi tinggi terhadap dolar AS dan faktor yang sama yang memengaruhi perak sebagai investasi umumnya akan berdampak padanya sebagai sebuah komoditas yang dapat diperdagangkan.

Strategi Perdagangan Perak

Meskipun terdapat berbagai strategi, penting bahwa strategi yang dipilih harus selaras dengan kondisi pasar saat ini. Ketika pasar berada dalam fase tren, trader dapat menerapkan strategi Perdagangan Tren dan ketika dalam keadaan range-bound, strategi Perdagangan Ranging dapat digunakan.

  • Langkah Menuju Strategi Perdagangan Tren Perak:
  1. Tentukan Arah Tren

Pasar yang sedang tren adalah pasar yang secara konsisten mencapai titik ekstrem baru. Dalam tren naik, ini akan ditandai dengan serangkaian titik tertinggi dan terendah yang lebih tinggi, sementara tren turun yang kuat akan ditandai dengan serangkaian titik terendah dan nilai tertinggi yang lebih rendah.

Meskipun menentukan tren mungkin terdengar sederhana, memutuskan kerangka waktu yang tepat bisa menjadi tugas yang menantang. Sementara trader intraday sering menggunakan grafik jangka pendek untuk menentukan potensi sinyal masuk dan keluar, ada manfaat dari beberapa analisis kerangka waktu, yang mencakup analisis dari grafik jangka panjang dan pendek. Seperti yang digambarkan pada grafik harian di bawah ini, garis tren dapat digunakan sebagai panduan untuk menentukan arah tren, dengan tiga titik sentuh yang mengkonfirmasi adanya tren naik.

Grafik Harian Perak

  • Filter sinyal ke arah tren

Setelah trader telah mengidentifikasi arah tren saat ini, langkah kedua adalah mengidentifikasi sinyal masuk potensial dengan menggunakan indikator teknikal. Relative Strength Index (RSI), adalah osilator momentum populer yang menunjukkan kapan suatu instrumen mungkin overbought atau oversold. Ketika nilai RSI turun di bawah 30, itu dianggap oversold dan ketika di atas 70, itu dianggap overbought.

Dengan menerapkan RSI ke grafik harian di atas, sinyal masuk potensial mungkin ada di area yang disorot di bawah 30, di mana perak dianggap berada di wilayah oversold.

  • Terapkan Manajemen Risiko

Manajemen risiko mungkin merupakan komponen terpenting dari rencana perdagangan yang harus ditentukan sebelum memasuki perdagangan.

Di sini, manajemen risiko berada di barisan terdepan dan di tengah perdagangan karena ini adalah salah satu dari sedikit faktor yang sebenarnya dimiliki oleh trader dalam kendali mereka.  Point blank - tidak ada trader yang dapat memprediksi masa depan secara akurat apalagi dengan cara yang sempurna. Dan dengan kasus tersebut, setiap trader yang tidak mengontrol besaran kerugian mereka rentan terhadap satu perdagangan 'buruk' yang menghapus keuntungan dari banyak perdagangan yang sukses.

Trading Perak Dengan Strategi Range-Bound

Pasar perak tidak selalu dalam tren naik atau turun, sering kali memasuki periode konsolidasi ketika harga bergerak 'ke samping', yang mana strategi range-bound akan cocok.

Strategi range-bound dapat diimplementasikan dengan menggunakan proses tiga langkah yang serupa seperti di atas.

  1. Tentukan Kisarannya

Ketika aksi harga berada dalam keadaan ‘ranging’, itu umumnya berarti bahwa harga mencapai level yang sama selama periode waktu tertentu, yang disebut sebagai konsolidasi. Untuk menentukan kisaran ini, trader dapat menggunakan level support dan resistance untuk membantu mengidentifikasi batas atas dan bawah dalam kisaran tersebut. Zona support dapat dibentuk dengan menghubungkan serangkaian posisi terendah sementara zona resistance dapat dibentuk dengan menghubungkan serangkaian titik tertinggi.

Grafik perak periode satu jam di bawah ini menunjukkan bagaimana seorang trader dapat menentukan kisaran ketika pasar berada dalam periode konsolidasi.

Grafik 1 Jam Perak

  • Filter sinyal

Jika harga perak bergerak ke dasar kisaran, trader dapat membeli perak dan dapat menjual perak saat harga bergerak ke ujung kisaran yang lebih tinggi. Keuntungan dari strategi perdagangan range-bound ini adalah bahwa trader dapat menggunakan stop-loss yang ketat. Ini berarti bahwa trader dapat mengurangi risiko dan umumnya bertujuan untuk rasio risiko-profit yang lebih tinggi pada perdagangan.

  • Menerapkan manajemen risiko

Semua strategi perdagangan lengkap akan mencakup prinsip-prinsip manajemen risiko yang ketat. Jika harga menembus level support atau resistance, yang pada akhirnya akan terjadi, penting bagi trader untuk bersiap. Trader dapat menggunakan stop-loss dan take-profit untuk menentukan rasio risiko-profit sebelum masuk perdagangan.

Jika seorang trader masuk posisi sell pada level resistance , mereka akan menempatkan stop-loss di atas level resistance, dan demikian pula jika trader masuk posisi buy, mereka akan menempatkan stop-loss di bawah support.

Cara Trading Perak Dengan AnalisA Teknikal

Strategi di atas berfokus pada penggunaan pola grafik dan indikator teknis untuk membantu menentukan kemungkinan tempat menarik, yang, meskipun tidak dapat dijamin, dapat membantu trader dalam mengidentifikasi area dengan probabilitas tinggi, yang telah terbukti penting di masa lalu.

Meskipun ada ratusan indikator dengan masing-masing karakteristik uniknya, penggunaan satu atau dua indikator sederhana sudah cukup.

Empat indikator efektif yang digunakan oleh trader pemula dan berpengalaman termasuk Moving Average (MA), Relative Strength Index (RSI), Moving Average Divergence / Convergence (MACD) dan stokastik.

Namun, aksi harga juga merupakan panduan yang berguna bagi trader, dengan level Fibonacci memandu support dan resistance. Contoh bagaimana Fibonacci retracement dapat digunakan untuk analisa teknikal dapat dilihat pada grafik perak di bawah ini, di mana Fibonacci retracement diambil dari dua poin yang relevan (biasanya level atas dan bawah penting).

Dengan menggunakan grafik harian di bawah ini, Fibonacci Retracement diambil dari titik terendah dan tertinggi tahun 2020, dengan rata-rata pergerakan 50 hari bertindak sebagai panduan tambahan untuk aksi harga.