Fibonacci Retracement Dalam Analisa Multi Kerangka Waktu

Denny Yamada, 2021-06-25 17:39:40

Fibonacci Retracement Dalam Analisa Multi Kerangka Waktu

Denny Yamada, 2021-06-25 17:39:40

Analisa Fibonacci: Pendahuluan

Seperti yang diketahui, bahwa analisa Fibonacci bermuara dari matematika, tapi ini dapat digunakan untuk analisa teknikal, premis yang menyiratkan bahwa sejarah berulang (sampai tingkat tertentu) dan bahwa harga sering bergerak dalam tren. Dengan menggabungkan analisa Fibonacci dengan analisa multi kerangka waktu. Seorang tarder bisa saja mengadopsi pemahaman yang lebih baik tentang tren keseluruhan sambil mengidentifikasi potensi level support dan resistance utama.

Artikel ini akan membahas penerapan Fibonacci Retracements menggunakan beberapa kerangka waktu, dengan fokus pada bagaimana level ini dapat memberikan titik belok sebagai level support dan/atau resistance.

Aplikasi Fibonacci Pada Multi Kerangka Waktu

Banyak trader sering bertanya kerangka waktu apa yang paling cocok dalam menganalisa tren pasar saat ini. Tanpa menyadari manfaat analisis kerangka waktu ganda, yang memungkinkan trader menganalisis instrumen keuangan tunggal menggunakan beberapa titik pandang. Grafik jangka panjang mencakup ukuran sampel yang jauh lebih besar yang dapat mengurangi jumlah 'noise'. Ini juga seringkali memberikan pandangan yang lebih holistik di pasar. Namun, grafik jangka pendek memberikan gambaran umum tentang tren saat ini dan dinamika pasar jangka pendek. Sehingga, analisa ini dapat dimanfaatkan saat mencari titik masuk dan keluar potensial. Fibonacci retracement baik dari jangka waktu panjang maupun pendek akan menghasilkan level support dan resistance utama. Dan ini sering ditemukan, seperti pada contoh di bawah ini.

Pada grafik bulanan EUR/USD di bawah ini menyoroti Fibonacci retracement (biru) dari level bawah September 2000 ke level atas Maret 2008. Langkah ini mewakili tinggi dan rendah historis yang belum ditembus.

Di bawah ini terlihat, dari perspektif jangka panjang, Fibonacci retracement telah memberikan area support dan resistance yang kuat. Dengan aksi harga seringkali merupakan infleksi jangka pendek dari level support/resistance jangka panjang ini.

Grafik Bulanan EUR/USD

Level Fibonacci Retracement Untuk Menemukan Infleksi

Setelah pergerakan historis diidentifikasi, grafik mingguan kemudian dapat digunakan untuk menemukan pergerakan kunci utama lainnya dan titik perubahan potensial.

Mengikuti contoh EUR/USD, grafik mingguan di bawah ini saat ini mencakup level Fibonacci dari dua pergerakan utama tambahan. Fibonacci retracement pertama (merah muda) diambil dari level terendah Januari 2017 ke level tertinggi Februari 2018 (pergerakan jangka menengah). Sementara Fibonacci retracement kedua (oranye), mewakili pergerakan jangka pendek antara level tertinggi Februari 2018 dan level terendah Maret 2020.

Grafik Mingguan EUR/USD

Seperti yang terlihat di atas, ada beberapa contoh di mana level ini telah memberikan area support dan resistance yang jelas. Dengan menyoroti pembentukan titik belok pada banyak kesempatan, yang kerap mendorong kecenderungan pembalikan rata-rata. Semua level retracement memberikan informasi, rasio emas 61,8% dan kebalikannya, 38,2%, ini merupakan level yang kuat untuk perlu diingat saat menggunakan Fibonacci Retracement untuk tujuan kelanjutan tren. Ini sering kali memberikan potensi sinyalemen penurunan kembali tren atau permulaan tren baru sama sekali setelah level ini ditembus.

Menyatukan Semuanya Dengan Penerapan Fibonacci Pada Multi Kerangka Waktu

Sekarang level support dan resistance kuat dari grafik jangka panjang telah teridentifikasi. Sementara grafik harian dapat digunakan untuk mewakili cara level ini memengaruhi aksi harga jangka pendek. Dari perspektif visual, grafik harian EUR/USD menunjukkan bagaimana level ini memengaruhi pergerakan jangka pendek. Aksi harga juga menunjukkan sejumlah infleksi pada level ini.

Grafik Harian EUR/USD

H2: Pertemuan Antara Fibonacci Serta Support dan Resistance

Penggunaan Fibonacci retracement pada artikel ini dilakukan secara terpisah, namun akurasi analisis mungkin lebih kuat ketika digabungkan dengan mekanisme lain dari identifikasi support/resistance seperti level psikologis dan/atau pergerakan harga sebelumnya.

Grafik harian EUR/USD di bawah, sekarang menyoroti bagaimana Fibonacci bukan satu-satunya mekanisme support/resistance. Melihat lebih dekat pada grafik menunjukkan bagaimana pergerakan jangka menengah retracement 50% membantu menangkap puncak tertinggi Maret 2020 dan menghentikan pergerakan pada bulan Juli sebelum penembusan bullish yang bertahan sampai aksi harga mencapai dinding resistensi di level psikologis 1.1800 yang kemudian menjadi level kunci support.

Grafik Harian EUR/USD

Ringkasan

  • Level Fibonacci Retracement dapat menunjukkan level support dan resistance utama
  • Analisa multi waktu dapat meningkatkan efisiensi analisis
  • Fibonacci Retracement mungkin lebih kuat bila digunakan bersama dengan instrumen teknikal lainnya