Minyak Mentah, Penjelasan Dan Panduan Dasar Trader

Denny Yamada, 2021-03-31 12:37:33

Minyak Mentah, Penjelasan Dan Panduan Dasar Trader

Denny Yamada, 2021-03-31 12:37:33

Minyak mentah merupakan sumber energi global utama dan komoditas yang diperdagangkan secara luas. Dalam bagian ini, kita melihat asal dan sejarah minyak mentah, faktor utama yang mempengaruhi harga dan alasan utama untuk memperdagangkan aset ini.

Poin Pembicaraan Utama:

  • Penjelasan dan Kegunaan Minyak Mentah?
  • Pemain utama di pasar minyak mentah
  • Faktor yang mempengaruhi harga minyak

Penjelasan Dan Kegunaan Minyak Mentah

Minyak mentah, atau minyak bumi, adalah bahan bakar fosil yang terjadi secara alami dan saat ini menjadi sumber energi utama dunia. Terbuat dari bahan organik kuno dan dapat disuling menjadi bahan bakar komponen seperti bensin, solar, dan pelumas, yang masing-masing memiliki banyak aplikasi industri.

Komoditas biasanya diekstraksi dari reservoar bawah tanah melalui pengeboran, dan negara-negara penghasil minyak mentah terbesar, pada 2019, diantaranya AS, Rusia, dan Arab Saudi.

Penjelasan Minyak Mentah Brent Dan WTI

Komposisi minyak mentah bervariasi berdasarkan sumbernya, tetapi ini digunakan untuk menentukan harga global. Kedua jenis minyak itu adalah West Texas Intermediate (WTI) Amerika Serikat dan minyak mentah Brent Inggris. Perbedaan di antara keduanya didasarkan pada faktor-faktor seperti komposisi, lokasi ekstraksi, dan harga.

Pemain Kuat Di Pasar Minyak Mentah

Organisasi untuk Negara Pengekspor Minyak (OPEC) didirikan pada tahun 1960. Badan ini menetapkan kuota produksi untuk anggotanya, dengan tujuan untuk mengurangi persaingan dan menjaga harga pada tingkat yang menguntungkan. OPEC didominasi oleh Kuwait, Qatar, Arab Saudi (yang menguasai Selat Hormuz), dan Uni Emirates Arab. Sementara OPEC umumnya mengontrol sebagian besar pasokan minyak, namun pada pada 2019, AS adalah produsen minyak terbesar di dunia.

Lembaga yang memasok minyak ke pasar global terdiri dari perusahaan minyak internasional, atau IOC, seperti ExxonMobil, BP, dan Royal Dutch Shell. Ini adalah perusahaan milik investor dan bertujuan untuk meningkatkan nilai pemegang saham melalui kepentingan pribadi. Namun, perusahaan minyak nasional, atau NOC, seperti Saudi Aramco dan Gazprom, dimiliki sepenuhnya atau mayoritas dimiliki oleh pemerintah nasional.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang para pemain listrik dan peran mereka dalam produksi minyak global, lihat 8 fakta Minyak Mentah yang Mengejutkan.

Sejarah Minyak Mentah

Sejarah minyak mentah telah mengalami banyak perubahan sejak awal abad ini, ketika pasokan global sebagian besar dikendalikan oleh OPEC, tetapi permintaan didorong oleh AS. Dengan OPEC mengambil keputusan dan permintaan dari Asia yang meningkat pesat, harga berubah dari biaya per barel $25 untuk Brent dan $27 untuk WTI pada Maret 2001, menjadi $140 untuk kedua jenis minyak ini pada Juni 2008, mewakili penggelembungan harga.

Namun, dalam dekade terakhir, kemajuan teknologi dan deregulasi telah memfasilitasi peningkatan produksi minyak serpih AS, yang mengarah pada peralihan kekuasaan dari OPEC ke AS. Harga turun dari $112 untuk Brent dan $105 untuk WTI pada Juni 2014, menjadi di bawah $36 untuk keduanya pada Januari 2016. OPEC menanggapi dengan berkolusi dengan beberapa negara, termasuk Rusia, untuk menerapkan 'kuota produksi' yang dirancang untuk menstabilkan harga. Ini membawa biaya per barel kembali di atas $70 untuk Brent, dan $65 untuk WTI, pada April 2018.

Bagan di bawah ini menunjukkan beberapa petunjuk penting dalam harga Minyak Mentah AS abad ini dan alasan perubahannya.

Minyak Mentah WTI (2000-2019)

Apa yang Mempengaruhi Harga Minyak Mentah?

Harga minyak mentah sebagian besar dipengaruhi oleh penawaran dan permintaan, yang pada gilirannya dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti pemadaman, pemotongan produksi OPEC, musim, dan pola konsumsi yang berubah.

USD Dan Harga Minyak

Dolar AS dan minyak secara historis memiliki hubungan terbalik. Ketika USD melemah, harga minyak biasanya menguat dalam dolar. Karena AS telah lama menjadi importir bersih minyak, kenaikan harga minyak berarti defisit neraca perdagangan AS telah meningkat karena lebih banyak dolar yang dibutuhkan untuk dikirim ke luar negeri. Namun, beberapa orang percaya hubungan ini mengikuti pola yang kurang dapat diandalkan di zaman sekarang ini.

Ada hubungan yang lebih bisa diprediksi antara Dolar Kanada dan harga minyak. Misalnya, pada 2019, Kanada mengekspor sekitar tiga juta barel produk minyak dan minyak bumi per hari ke AS, yang berarti tercipta permintaan besar untuk dolar Kanada. Jika permintaan AS naik, lebih banyak minyak dibutuhkan, yang seringkali berarti harga minyak naik, dan karenanya bisa berarti penurunan USD/CAD. Sebaliknya, jika permintaan AS turun, harga minyak juga bisa turun, yang pada gilirannya berarti permintaan untuk CAD juga turun.

Alasan Memperdagangkan Minyak Mentah

Minyak adalah pasar yang dinamis, tidak stabil, dan likuid - dan berdiri sebagai komoditas yang paling banyak diperdagangkan di dunia. Berikut lebih lanjut tentang manfaat terlibat dengan aset ini.

  1. Sifat bergejolak dari perdagangan aset ini membuatnya menjadi favorit para swing dan day trader, yang bereaksi terhadap berita harga minyak terbaru. Meskipun perdagangan bisa berisiko, beberapa orang melihat pasar minyak sebagai peluang dalam bentuknya yang paling murni.
  2. Minyak mentah adalah pasar yang likuid, diperdagangkan dalam volume besar. Ini berarti perdagangan dapat dibuka dan ditutup pada titik harga yang Anda inginkan dan dengan biaya perdagangan yang lebih rendah.
  3. Minyak dapat diperdagangkan sebagai bagian dari strategi lindung nilai untuk mengurangi dampak volatilitas aset.
  4. Perdagangan minyak dapat menjadi bagian dari portofolio komoditas, saham, dan obligasi yang terdiversifikasi.